Tuesday, January 27, 2015

Bicara Tentang Kenangan

Kadang aku berfikir ingin kembali ke masa dimana hanya mempunyai segelintir teman, ya masa SD (Sekolah Dasar) , merasa udah cukup bahagia, masa dimana tiada kebohongan dalam berteman, jadi teringat masa dimana kekonyolan dan kebodohan terjadi bukan karna direkayasa. 



Zamannya SD itu banyak pedagang mainan atau sejenis lotre yang bermukim di sana, berharap dapat mainan ,eh malah ngak. Banyak kena tipunya, wajar sih namanya juga ngak tau apa apa, masih zamannya nyedot ingus dari hidung, ayo disedot ssttt.

semua terjadi begitu saja membuat senyuman kembali menghiasi wajah wajah polos kala itu, tapi dimasa itu belum terbesit di dalam hati untuk menjaga persahabatan masa kecil, semua berlalu begitu cepat ketika umur sudah mulai beranjak remaja.

Di mulai dari kenakalan yang kekanakan , hingga memasuki masa dimana tumbuhnya rasa suka terhadap seseorang tapi itulah masa dimana kenakalan menjadi hal wajar tiap harinya hanya untuk mendapatkan sebuah tawa, itulah SMP.

Sudah banyak teman yang terlepaskan dari pelukan, Dan tiba lah masa smp, mengenal orang orang baru, kembali mencari teman yang sehati, kenangan emang ngak akan pernah ada habisnya bila diingat. Tanpa sadar air mata menetes mengingat kenangan itu, membuka kembali album album foto masa itu, kembali teringat dengan hal hal yang udah terjadi , akankah menjadi penyesalan atau semangat yang akan terus berkobar menuju masa depan.

Benar , kita ngak pernah bisa merangkul teman dari masa ke masa, banyak udah teman yang terlewatkan akibat pergantian masa ini , tapi kalo kelewat bisa puter balik *bruumbruum, kadang aku juga merenungkan hal ini .
Saat pergantian masa dimulai tanpa tersadar teman yang tak sengaja membangun semangat kita dulu, mulai membangun septic tank buat jaga jaga eh , kadang rasa sedih selalu menghantui, hati selalu bertanya

“Kemana teman ku dulu? apa mereka masih mengenalku?”

kadang aku merasa bersalah tak dapat menjaga temanku seakan akan mereka terus berkurang tanpa ku ketahui.

Aku juga tak mengerti, berteman dari masa kekonyolan itu, tapi saat ini kita bagai orang yang tak saling kenal tanpa tegur dan sapa, entah karna udah lupa atau gengsi yang menggila, emang untuk mendapatkan sesuatu yang baru kita harus melepaskan sesuatu yang lama, meskipun itu disadari atau tidak. 

Tak hanya sampai disitu saja perjalanan terus berlanjut ke tingkat berikutnya, yap . Kata kebanyakan orang ini lah masa sekolah yang paling indah.

Masa SMA, masa dimana persahabatan begitu erat tak hanya 2 atau 3 orang, satu kelas dan satu sekolah bersahabat.Berjalan ke kantin bersama udah kaya mau demo akibat kelaparan masal, belum lagi saat tiba dikantin semua tempat penuh seakan akan kantin sekolah menjadi ibukota Jakarta yang mengalami kemacetan panjang.

 


Bolos sekolah tak hanya sendiri, selalu ada teman yang menemani, melakukan kebodohan kebodohan demi sebuah kebahagian sesaat.  Hal ini lah yang membuat masa sma begitu indah , masa dimana semua ingin jadi nomor satu, berpacu kedepan, bersama berangan angan menjadi apa suatu saat nanti, menjadi titik awal perjalanan ke masa depan. 

Masa dimana cinta mulai memainkan perannya, menemukan seseorang yang sangat berkesan dikala itu , di masa itu cinta menjadi hal yang sangat berarti sekalipun harus mengorbankan teman, saling tikung menikung, ejek mengejek. Di masa inilah aku mulai berfikir apakah aku bisa menjaga mereka semua , apakah aku akan terus bersama mereka,akankah aku bisa merangkul seluruhnya.

Aku mulai takut bila kesalahan di masa lampau terjadi, teman yang ada terus berkurang. Dari sinilah aku akan terus menjaga teman yang telah membangun karakter diriku.

"Mereka bukan hanya sahabat
Mereka adalah saudara"

Banyak hal yang gak bisa dilupakan apalagi kenangan, seberapa keras kau inigin melupakannya kenangan itu selalu ada, walau tersibukkan dengan aktifitas  dan banyak hal lainya.

Ini lah hidup, titik dimana kenangan selalu datang menghampiri walau hanya sesekali, tapi ingat lah masa depan jauh lebih bermakna dari itu, belajar lah dari semua kesalahan di masa lampau, kenangan - kenangan yang menyakitkan, dan membahagiakan. 


Terus lah belajar untuk menjaga teman mu, bila kau tak bisa, jaga lah yang kau punya saat ini .


10 comments:

  1. Memang benar-benar kenangan yang tidak akan bisa dilupakan. Gue juga akan berpikir jika akan melupakan teman-teman SD gue. Tapi di SMA Tuhan telah menemukan kita lagi. Kami kembali bermain bersama, canda tawa tentang kisah kami di SMP dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sesuatu yang lama kembali datang ya. Asalkan jangan mantan yg kembali datang

      Delete
  2. Gue mah bisa apah, yang udah mau tamat SMA. Sekarang gue akan masuk ke dunia perkuliahan, dan kenangan gue selama SMA tentunya gak akan gue dapatkan lagi di Kuliah.

    Manfaatkan aja sisa waktu yang tersisa bersama teman-teman, karena belum tentu pas reunian nanti, suasananya masih sama seperti dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumpul kumpul pas udah lulus payah banget, ada aja alasan , ada yang kerja lah, ada yg lelah la . ada jg yg lelah masih jg kerja

      Delete
  3. Hmm, emang yang namanya temen tiap ganti persekolahan pasti ganti juga. Paling cuma beberapa aja yang deket dan bisa terus kontak-kontakan.

    Baca gini rasanya pas banget buat anak-anak yang bentar lagi ujian, kerasa banget.

    ReplyDelete
  4. duh baca beginian jadi nostalgia deh...
    masa sd mainannya tanah di goreng. main masak masakan, tanahnya di jadikan nasgor.hahaha

    buat aq yg paling kerasa persaudaraannya itu temen d SMP.

    bener bgt. ygbisa kita lakukan skrg utk tetap menjaga persahabatan ya dgn memanfaatkan sosmed sbg media komunikasi. biar ga lost contact

    ReplyDelete
  5. Tanggung jawab bang!
    Gara2 baca ini gue jadi kangen, utamanya masa SMA. Kita gak beda jauh bang, mungkinkah kita satu sekolah?hahaha

    Gue waktu SMA, pernah bolos bareng2, pernah ke hukum bareng. Dan kata lo tadi bang. Pas istirahat udah kayak mau demo aja, jalan bareng penuh kompak mencari jajan.. haha
    Gue kangen masa itu, kangen!

    ReplyDelete
  6. Kalau udah kerja kayak gini pingin balik masa2 SD aja, dimana PR matematika dan bahasa inggris jadi dilema kehidupan anak SD dulu. Sepanjang perjalanan kenangan *udah kayak lagu* masa yg paling berkesan dihidupku itu masa SD dan kuliah. Masa SD itu lagi hebohnya main sama temen2 di sawah dan sungai, ampe lupa waktu, kulit juga gosong, item banget, ditambah luka2 borok di kaki, entah jatoh ato kena kenalpot. Masa anak2 banget.
    Kalau kuliah, karena ini pengalaman pertama hidup di asrama dengan pendidikan ala semi militer, rasanya berkesan banget, emang keras didikannya, tapi ada aja kenakalan yg aku buat pas kuliah, lebih parah daripada SMA. Akunya malah curhat

    ReplyDelete
  7. Jadi ikut-ikutan flashback ke masa-masa sekolah dulu, dimana masalah terbesar hanyalah PR, musuh cuma guru killer yang suka bawa2 gunting, dan momok adalah ujian kenaikan kelas & UN. Kita memang ga bisa mencegah waktu untuk berjalan terus, yang bisa kita lakukan hanyalah, tidak melewatkannya.

    ReplyDelete
  8. Iya bagi gue, masa yang paling seru adalah masa masa SMA..temannya, suasananya, atmosfernya..ahh semuanya..tapi sampai skrng gue dan temen temen gue masih ttp berteman dan berkirim kabar..cman emang udah beda aja..udah nggak bisa seintens dlu dan klo ketemu jga hrus dijanjiin jauh jauh hari...ya gitu..emng semakin dewasa kkta hrus smakin terbiasa dgn perubahan.

    ReplyDelete

Berikanlah komentar atau kritik dengan baik dan sopan.
Terimakasih