Saturday, January 31, 2015

Rahasia Dibalik Permainan Petak Umpet



Kalo ngeliat foto ini jadi inget masa kecil dulu, kemana mana bareng, ngomongi hal hal yang belum tentu bener, tapi bersikeras untuk bener ngak mau ngalah dikit pun. Emang dasarnya masa kecil pada keras kepala apa yang di ketahui itulah yang akan di omongi terus walau ternyata itu salah. Dulu itu inget banget kalo lagi mandi
hujan, pasti bugil keliling komplek terus itunya goyang-goyang, dan bawa sabun kemana mana biar bersih, eh salah ngak gitu.


 Biar pun masi bocah tapi kan tau malu juga. Kalo mandi hujan itu asiknya sabil main bola, yang diseriusin bukan main bolanya malah kesenengan bisa teckel teckel karna licin. Kalo udah nyetak gol pasti selebrasi ala pemain kelas dunia.


 Kalo udah musimnya main kelereng ada aja hal yang dilakui buat punya kelereng, ada yang rela relain ngak jajan buat beli kelereng , ada yang nyari nyari di tempat tempat tertentu terus ke  jamban korek korek ngak jelas. Biarpun pas udah gede sekarang logikanya itu hal yang malu maluin tapi disitulah hal yang membuat masa kecil jadi lebih ceria.     
    Walaupun kata orang masa kecil itu belum tau apa apa , tanpa disadari waktu kecil dulu, kita udah bisa bersosialisasi, musyawarah membuat kesepakatan tapi dalam hal ngerjain temen. Apalagi pas main petak umpet, ada aja rancangan agar satu temen jadi si penjaga terus menerus. 

            Walau pun permainan tradisional ini udah mulai ngak di gandrungi lagi, akibat efek globalisasi dan kemajuan teknologi, tapi ini lah sebuah permainan yang membuat kekompakkan jadi lebih berarti. 

            Gue juga pernah di kerjai gini, pas pulang sekolah SD dulu itu suka banget main petak umpet tapi setelah lama kelamaan main , malah jadi ngak seru lagi soalnya gue terus yang jadi si penjaga, mulai dari pulang sekolah sampe terdengar suara teriakan singa betina mengamuk yang mencari anaknya ,biasa di disebut mama nyuruh anaknya mandi.

        Yang paling ngak gue ngerti lagi di masa itu, kalo sekarang jadi si penjaga, terus sampe pulang masih jadi penjaga, besoknya pasti ditagih kaya kpk yang mencari koruptor. Tapi gue selalu menghindar, demi keselamatan biasanya gue pura pura tidur kalo dipanggil temen, atau pergi kerumah temen, sembunyi disana karna takut buat di kerjain.

Kok masa kecil gue udah tertindas gini ya, tapi seiring dengan berjalannya waktu , gue mulai menyadari ada beberapa hal yang janggal kala itu, “kenapa mereka bisa ngerjai gue terus terusan gini ?” dan akhirnya gue ngerti juga ternyata emang ada kong kali kong di dalam permainan ini, ini harus di bentuk badan seperti kpk agar tidak terjadi hal hal seperti ini. Tapi gue juga belajar bahwa orang yang jadi penjaga terus ini dipilih bukan karna ngak ada alasanya. ini alasan dibalik itu tersebut versi gue :


         1)      Temen Yang Tampangnya Klemar-klemer

Ini alasan pertama buat ngerjain temen yg klemar klemer (mudah di bohongi), ngak tau apa alasan yang lebih akuratnya , tapi temen yang gini paling sering di kerjai dalam segala permainan masa itu.



 2)      Temen Yang Gak Disukai

Kalo yang namanya ngak suka ya gini ada aja cara untuk ngerjai nya,kadang pas waktu musyawarah nentuin siapa kira-kirayang bakal dikerjai buat jadi si penjaga terus menerus biasanya nama orang yg ngak disukai ini muncul sebagai target.


3)      Temen yang berkhianat

Berkhianat disini maksudnya pas lagi nyusun strategi buat ngerjain si target, ada temen yang membongkar rahasia ini, dalam artian memberitahu kepada si target hasil musyawarah tadi bahwa ingin mengerjai dia.



4)      Temen Yang Susah Diajak Berkompromi

Maksudnya gini kalo pas main petak umpet ada aja temen yang ngak mau di ajak kompromi buat ngerjai temen  dengan berbagai alasan, takut dengan si target , atau kasian lah dan lainnya.


5)      Temen Baru

Biasanya kalo temen baru ini bisa jadi bahan buat dikerjai, soalnya biasanya temen baru pasti rada pendiem karna belum tau suasana dan cara permainan mereka. Gue mungkin termasuk dalam kategori ini, karna waktu itu gue baru pindah ke lingkungan baru jadi harus adaptasi, yah namanya keturunan jawa jadi rada pendiem karna buat malu, eh malu malu maksudnya.


Itu bagian kecil dari alasan, dimana waktu kecil tanpa kita sadari kita udah bisa bersosialisasi  bermusyawarah walau dalam hal ngak baik. Tapi dibalik semua itu banyak kenangan yang tecipta, dan kekompakkan yang tanpa disadari tertanam di dalam hati terus dipake buat jadi cara bertemen di masa sekarang. Mungkin itu sebagian kecil coretan gue dimasa kecil, so adakah di coretan itu yang sama dengan pengalaman mu . comment yah..



Sumber foto : www.google.com



No comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar atau kritik dengan baik dan sopan.
Terimakasih