Saturday, April 4, 2015

Antara Orangtua Dan Masa Depan

Sebelumnya gue pernah bimbang menentukan, harus gimana dan mau ngapain, terkadang nyokap gue juga jadi kaya abg labil yang baru naik ke tingkat alay *pis. Sering banget gue dibuat untuk ngikutin semua ke mauanya, walau nggak semua kemaunya bisa gue turuti, terakhir beliau nyuruh gue, buat kuliah di fakultas ini dan itu, yang ternyata ngak sesuai dengan skill yg ada.
Tapi akhirnya gue memutuskan buat ngak kuliah tahun ini, alasan nya ya emang mau refresh otak aja, sudah terlalu banyak oli dan mesin yg kebakar akibat kontaminasi ilmu ilmu pembelajaran. Tapi dengan gue ngak kuliah, bukan jadi bisa bebas menenangkan otak, dari segala tulisan di buku, yg hanya beberapa ilmu nyantel di otak, gue pernah disuruh buat ikut om, di semarang,pernah juga disuruh ke vietnam buat kerja disana, ini yg buat gue jadi lebih takut, kalo beneran gue jadi TKI dan disiksa disana, terus diso**** (sensor), mati gue .

Kalo ngomongin yang namanya ibu, emang sepatutnya kita menangis dan memohon maaf. Seorang ibu itu bagai singa betina yang ganas dan buas dalam memangsa, tapi akan terus membelai dan menyayang anaknya, walaupun di akhir si anak menyakitinya.
Sekarang gue disemarang kota besar syarat persaingan, salah tau keinginan ibu yg gue turuti. Sudah satu bulan lebih gue disini. Kalo soal rindu, ya ngak terlalu rindu, cuma gue , ngak bisa aja ngeliat nyokap terus bekerja demi anaknya, apalagi ngak ada anak cowok selain aku yg menjaganya saat ini. Mungkin sekarang emang udah saat nya gue nge-bahagiain nyokap, se-enggaknya kalo belum bisa bahagiain beliau, gue harus bisa untuk gak nyusahin dia lagi, ngak ngebuat dia sendiri lagi dirumah, ngak harus bekerja keras demi keluarga, cukup menikmati dan terus beribadah.
Dan yang seharusnya dia lakukan sekarang hanya bersantai menikmati masa tua nya. Ya, duduk bersantai depan teras rumah di pagi hari, sambil menikmati teh manis hangat, melihat dan memandang keluar, memberi doa kepada anaknya ketika pergi kerja, lalu tersenyum melihat anaknya yang dulu nakal, ngak mau nurut kini udah sukses, udah bisa buat ibunya tersenyum bahkan meneteskan air mata.
Gue kadang juga terus membayangkan, apakah semua yg gue impikan bisa jadi kenyataan, tapi apapun itu sukses, dan versi siapapun sukses itu, ngak akan pernah terwujud kalo hanya mengeluh dan menyalahkan keadaan. Gue juga pernah berfikir kenapa dilahirin di sini, keluarga yang biasa biasa aja, dengan keturunan orang jawa di ilhami agama islam. Pernah juga gue berharap dilahirin dari orang tua yang kaya raya dan punya segalanya, kalo ngak, gue dilahirin di luar negeri di tempat yg indah. Tapi sebenarnya hidup punya atau gak punya itu sama aja, tinggal kitanya aja bisa ngak mensyukuri pemberian tuhan.
Sekecil apa pun yang kamu miliki itu anugerah dari tuhan.
"Biar jelek yang terpenting punya sendiri, dari pada bagus, tapi pinjem"
But, ini lah yg dimaksud skenario tuhan, ini sama aja kaya kita jadi bintang film, saat syuting kita baca skenario tapi pas di akhir, kita kan ngak bakalan tau akan jadi seperti apa tu film, apakah bagus, membosankan, amazing, atau malah ancur kaya muka lu lu pade.
Bedanya di dunia nyata, kita ngak tau skenarionya, jadi kita ngak bakal bisa mengelak dari perjalanan skenario ini, dan akan terus berperan, walau kadang peran itu menyakitkan. Mungkin gue harus memulai lebih cepat, melangkah lebih kedepan untuk membangun kerangka kesuksesan, lalu kembali ke kota kelahiran dan membangun itu semua. Gue tau semua nggak semudah seperti yang dibayangkan, tapi, setiap langkah dan prosesnya akan gue nikmati, sampai suatu saat nanti, hingga sukses menghampiri, gue akan terus berusaha membahagiakan orang tua.

1 comment:

  1. Ini kehidupanmu menarik buat jadi background karakter tokoh di ceritaku. :D

    ReplyDelete

Berikanlah komentar atau kritik dengan baik dan sopan.
Terimakasih